https://toko.awtokeren.com/jam-tangan-skmei-original-promo-diskon-top-10-terlaris/

16 Makanan ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Hindari ya Bund!!

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Ibu Hamil


Ada beberapa makan yang sebaiknya dihindari oleh ibu yang sedang hamil, tentunya untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandungnya.
Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil

Baca juga : Buah - Buahan Yang Baik Di Konsumsi Oleh Ibu Hamil Untuk Menjaga Kesehatan


1. Pepaya
Pepaya yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah pepaya yang masih mentah atau pepaya setengah matang, karena pepaya mentah atau setengah matang masih mengandung getah yang dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga tidak aman dimakan ketika hamil. Sedangkan pepaya yang sudah masak aman untuk ibu hamil.

2. Nanas
Nanas sangat tidak di anjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab jika dikonsumsi saat hamil dapat menyebabkan reaksi alergi atau penyakit perut seperti diare dikarenakan buah nanas mengandung bromelain yang mungkin tidak aman untuk kehamilan.

3. Buah dan Sayuran yang Tidak Dicuci dengan baik

Buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci dengan baik mungkin masih mengandung bakteri dan parasit yang merugikan kehamilan. Jadi harus dipastikan bahwa buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi sudah dibersihkan dengan baik.

4. Keju Lunak (Shoft Cheese) atau Keju Impor
Keju terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, dan bakteri Listeria biasanya ditemukan dalam keju lunak atau keju impor. Ini dapat masuk plasenta dan bisa menyebabkan kerusakan pada bayi bahkan bisa membahayakan jiwa. Sehingga keju lunak harus dihindari selama kehamilan.

5. Minuman yang Mengandung Alk*hol, Kafein, Susu yang tidak dipasteurisasi

 Minuman yang mengandung Alk*hol, Kafein, dan Susu yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari selama kehamilan. Karena Alk*hol dapat menyebabkan sindrom alk*hol pada janin, kemudian dapat mempengaruhi perilaku dan kemampuan belajar bayi. Kafein dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein harus dibatasi sampai 200 mg per hari. Susu yang tidak dipasteurisasi mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan keguguran, pastikan ibu hamil mengkonsumsi susu yang dipasteurisasi.

6. Telur Mentah
Bagi anda penyuka telur mungkin sementara harus menjaga konsumsi telur selama kehamilan. Telur memang sangat baik untuk kesehatan, begitu pula untuk ibu hamil. Namun perlu di pastikan kualitas telur untuk tetap dapat memberikan manfaat yang baik bagi ibu hamil. Pastikan telur yang anda konsumsi adalah telur yang bersih dan tidak ada retak pada cangkang telur. Telur yang baik bagi wanita hamil adalah telur yang dimasak hingga matang, hingga putih dan kuning telurnya menjadi padat.
Hindari telur yang di masak setengah matang, atau bahkan belum dimasak. Beberapa jenis makanan yang mengandung bahan telur yang belu matang juga harus di hindari, seperti yang sering di temukan pada mayones, es krim dan saus hollandaise. Jadi usahakan hindari mengkonsumsi telur yang belum matang selama masa kehamilan.

7. Tape singkong, tape ketan hitam juga tidak boleh di konsumsi ibu hamil
Sepeti yang kita tahu tape adalah jenis makanan yang bahan bakunya terbuat dari singkong yang di lakukan fermentasi, sehingga makanan tape ini memiliki kandungan Alk*hol. Dan dampak dari alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan ibu  hamil dan calon bayi. Mengkonsumsi tape yang memiliki kandungan alk*hol sama bahaya nya dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung alk*hol. Yaitu dapat menyebabkan kerusakan otak janin dan gangguan perilaku pada anak kelak.

8. Seafood, Daging Mentah, dan Unggas
Bagi anda ibu hamil yang suka dengan beberapa jenis daging, mungkin selama masa kehamilan sebaiknya di tahan dulu untuk tidak mengkonsumsi beberapa jenis daging ini.

* Daging mentah : daging mentah juga ternyata berbahaya bagi kehamilan karena daging mentah mungkin bisa terkontaminasi salmonella, bakteri coliform dan toksoplasmosis yang bisa berbahaya bagi kesehatan di masa kehamilan.

* Ikan dengan Mercury: Konsumsi Ikan sebenarnya sangat baik bagi ibu dan calon bayi yang sedang dikandung. Namun perlu waspada karena beberapa ikan mungkin mengandung kadar merkuri yang lebih tinggi yang dapat membahayakan janin. Ikan tengiri dan ikan todak adalah jenis ikan yang umumnya mengandung tingkat merkuri yang tinggi. Ikan yang ditangkap dari danau atau sungai juga bisa mengandung polutan,  dan bisa berbahaya bagi pertumbuhan bayi.

* Seafood: Wanita hamil sangat rentan dan tidak boleh mengkonsumsi seafood mentah, kupas terlebih dahulu jika hendak mengolah udang. Ikan/seafood yang diasap atau didinginkan lebih aman jika dihidangkan ketika sudah dimasak.

9. Kerang mentah 
Kerang/ tiram seringkali mengandung bakteri dan virus berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, kerang mentah harus dihindari pada saat hamil.

10. Madu
Madu mungkin saja bisa terkontaminasi oleh clostridia spora, dimana yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi, yaitu sejenis penyakit lumpuh. Lebih baik untuk menghindari mengkonsumsi madu selama kehamilan.

11.  Kecambah mentah
Kecambah mentah memang banyak mengandung nutrisi yang baik, namum kecambah mentah atau setengah matang (seperti kecambah bunga matahari, kecambah kacang hijau, daun/kecambah bawang, kecambah kedelai) tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan, karena dapat menyebabkan terpapar bakteri  salmonella.

12. Teh herbal dan suplemen herbal
Teh herbal dan suplemen yang memang dikenal bermanfaat bagi kesehatan, namun ketika dalam masa kehamilan harus dibatasi. Hal ini karena mungkin saja mengandung kafein. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai asupan herbal.

13. Kacang Tanah
Hindari mengkonsumsi kacang tanah selama kehamilan,  karena dapat menyebabkan alergi kacang pada bayi di kemudian hari,  dan bisa juga berbahaya bagi bayi yang belum lahir.

14. Makanan yang terlalu lama didiamkan
Lebih baik untuk menghindari makanan seadanya yang telah lama dibiarkan pada suhu ruang selama lebih dari 2 jam. Juga hindari sisa makanan atau makanan yang telah dibiarkan terlalu lama.

15. Mer*kok
Mer*kok sangat berbahaya bagi bayi. Lebih baik berhenti merokok selama kehamilan,  karena dapat menyebabkan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), masalah pernapasan, berat badan lahir rendah, dan kelahiran prematur.

16. Makanan kedaluwarsa
Wanita hamil memang harus lebih berhati-hati saat membeli makanan. Jangan membeli / menggunakan makanan yang telah melewati tanggal kadaluwarsanya. biasakan untui mengecek tanggal kadaluwarsa sebelum membeli bahan makanan. Jadi hati-hati dan harus selalu memastikan kondisinya.
Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya di hindari ketika masa kehamilan:
•    Produk beku yang tidak solid
•    Makanan panas tapi tidak panas
•    Makanan dalam kemasan yang rusak, dalam  paket / kaleng yang
Makanan tidak harus dibiarkan tidak tertutup, dan harus disimpan dalam wadah tertutup atau seperti yang di rekomendasikan oleh produsen. Karena lebih baik untuk menghindari sisa makanan. Tetapi jika tidak demikian, maka makanan sisa harus benar-benar tertutup dan kemudian didinginkan. Sisa makanan yang tidak boleh di konsumsi setelah dua hari, lebih baik untuk membuangnya. Jangan pernah membekukan makanan lagi dan sekali lagi.



Sumber ;
http://www.tipscaramanfaat,com
loading...

0 Response to "16 Makanan ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Ibu Hamil, Hindari ya Bund!!"

Posting Komentar